MIH

Translate

Tuesday 19 May 2015

BAB III



Anggaran Perusahaan
Maulana Ikhsanul Haq, SE.
BAB III
ANGGARAN PENJUALAN


A.    Pengertian Anggaran Penjualan
Anggaran Penjualan adalah suatu rencana yang disusun secara sistimatis dan terperinci mengenai jumlah produk yang akan dijual pada suatu periode tertentu diwaktu yang akan datang.

B.     Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penjualan
1.      Kapasitas perusahaan/Luas Perusahaan
2.      Kapasitas Mesin
3.      Jangkauan Pemasaran
4.      Kemampuan tenaga pemasaran dalam memasarkan produk
5.      Mampu mengungguli pesaing
6.      Organisasi distribusi yang dapat yang dapat diandalkan
7.      Menguasai media promosi baik elektronika, televise, radio, Koran dll.


C.     Politik Harga Dalam Penjualan

1.      Estimasi keurve Permintaan adalah :
Perubahan ditingkat harga akan mengakibatkan perubahan ditingkat permintaan. Dimana harga naik akan mengakibatkan permintaan turun, sebaliknya harga turun akan mengakibatkan permintaan naik. Dimana produk yang dijual merupakan produk elastis yaitu produk dalam posisi persaingan sempurna.


2.      Kurve biaya perunit adalah :
Volume produksi/penjualan meningkat akan mengakibatkan biaya bertambah, sebaliknya menurunnya volume produksi/penjualan akan mengakibatkan menurunnya biaya. Biaya yang dimaksud adalah : biaya variable
Biaya adalah seluruh pengorbanan yang dikeluarkan perusahaan untuk mendapatkan benefit (keuntungan)
Biaya terdiri dari biaya variable (variable Cost) dan biaya tetap (Fixed Cost)
Biaya varibel adalah biaya yang dikeluarkan besar kecilnya sangat dipengaruhi oleh volume produksi/penjualan.
Biaya Tetap adalah biaya yang dikeluarkan besar kecilnya tidak dipengaruhi oleh volume produksi/penjualan.


D.    Format Anggaran Penjualan
1.      Tempat
2.      Waktu
3.      Jenis
4.      Satuan/Unit
5.      Harga

Contoh Tabel Anggaran Penjualan :

No
Ket/Waktu
(Tempat) Jakarta
(Tempat) Bandung
Total


Unit
Harga
Jumlah
Unit
Harga
Jumlah
Unit
Harga
Jumlah

Januari










Februari










Maret










April










Dst ….









Total












E.     Kasus 1
PT. Maju merencanakan penjualan untuk tahun 2015 dengan data sebagai berikut :
Rencana Penjualan tahun 2015 sebanyak 100.000 unit @ Rp 1.000,-. Biaya-biaya yang akan dikeluarkan meliputi biaya tetap sebesar Rp 20.000.000,-.  Biaya variable Rp 30.000.000,-. Perusahaan dihadapkan pada tiga pilihan alternative : 1. Sesuai rencana semula, 2. Volume penjualan naik 20% harga jual turun 20%, 3. Volume penjualan turun 20% harga jual naik 20%. Penjualan disebar di Jakarta 60%, Bandung 40%.Waktu Penjualan didistribusikan dalam Triwulan.Triwulan 1.20%, Triwulan 2. 30%,  Triwulan 3. 20% dan triwulan 4. 30%. Diminta :
1.      Pilih Alternatif mana yang menguntungkan !
2.      Dari hasil  pilihan diatas susun anggaran Penjualan 2015 !

Kasus 2.
PT. Karya Mandiri merencanakan penjualan untuk tahun 2015 dengan data sebagai berikut :
Rencana Penjualan tahun 2015 sebanyak 250.000 unit @ Rp 5.000,-. Biaya-biaya yang akan dikeluarkan meliputi biaya tetap sebesar Rp 200.000.000,-.  Biaya variable Rp 400.000.000,-. Perusahaan dihadapkan pada tiga pilihan alternative : 1. Sesuai rencana semula, 2. Volume penjualan naik 20% harga jual turun 20%, 3. Volume penjualan turun 20% harga jual naik 20%. Penjualan disebar di Bekasi 50%, Bandung 30% dan Bogor 20%.Waktu Penjualan didistribusikan dalam Triwulan.Triwulan 1.40%, Triwulan 2. 30%,  Triwulan 3. 20% dan triwulan 4. 10%. Diminta :
1.      Pilih Alternatif mana yang menguntungkan !
2.      Dari hasil  pilihan diatas susun anggaran Penjualan 2015 !

bisa juga di download :
http://www.4shared.com/office/s8SXKjsfba/bab_3_anper.html



0 komentar:

Post a Comment

 
VARIASIBLOGGER