Anggaran Perusahaan
Maulana
Ikhsanul Haq, SE.
BAB III
ANGGARAN
PENJUALAN
A.
Pengertian Anggaran Penjualan
Anggaran Penjualan
adalah suatu rencana yang disusun secara sistimatis dan terperinci mengenai
jumlah produk yang akan dijual pada suatu periode tertentu diwaktu yang akan
datang.
B.
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi
Penjualan
1.
Kapasitas perusahaan/Luas
Perusahaan
2.
Kapasitas Mesin
3.
Jangkauan Pemasaran
4.
Kemampuan tenaga pemasaran dalam
memasarkan produk
5.
Mampu mengungguli pesaing
6.
Organisasi distribusi yang dapat
yang dapat diandalkan
7.
Menguasai media promosi baik
elektronika, televise, radio, Koran dll.
C.
Politik Harga Dalam Penjualan
1.
Estimasi keurve Permintaan adalah
:
Perubahan
ditingkat harga akan mengakibatkan perubahan ditingkat permintaan. Dimana harga
naik akan mengakibatkan permintaan turun, sebaliknya harga turun akan
mengakibatkan permintaan naik. Dimana produk yang dijual merupakan produk
elastis yaitu produk dalam posisi persaingan sempurna.
2.
Kurve biaya perunit adalah :
Volume
produksi/penjualan meningkat akan mengakibatkan biaya bertambah, sebaliknya
menurunnya volume produksi/penjualan akan mengakibatkan menurunnya biaya. Biaya
yang dimaksud adalah : biaya variable
Biaya
adalah seluruh pengorbanan yang dikeluarkan perusahaan untuk mendapatkan
benefit (keuntungan)
Biaya
terdiri dari biaya variable (variable Cost) dan biaya tetap (Fixed Cost)
Biaya
varibel adalah biaya yang dikeluarkan besar kecilnya sangat dipengaruhi oleh
volume produksi/penjualan.
Biaya
Tetap adalah biaya yang dikeluarkan besar kecilnya tidak dipengaruhi oleh
volume produksi/penjualan.
D.
Format Anggaran Penjualan
1.
Tempat
2.
Waktu
3.
Jenis
4.
Satuan/Unit
5.
Harga
Contoh Tabel Anggaran Penjualan :
No
|
Ket/Waktu
|
(Tempat)
Jakarta
|
(Tempat)
Bandung
|
Total
|
||||||
Unit
|
Harga
|
Jumlah
|
Unit
|
Harga
|
Jumlah
|
Unit
|
Harga
|
Jumlah
|
||
Januari
|
||||||||||
Februari
|
||||||||||
Maret
|
||||||||||
April
|
||||||||||
Dst
….
|
||||||||||
Total
|
E.
Kasus 1
PT. Maju merencanakan penjualan
untuk tahun 2015 dengan data
sebagai berikut :
Rencana Penjualan tahun 2015 sebanyak 100.000 unit @ Rp
1.000,-. Biaya-biaya yang akan dikeluarkan meliputi biaya tetap sebesar Rp
20.000.000,-. Biaya variable Rp
30.000.000,-. Perusahaan dihadapkan pada tiga pilihan alternative : 1. Sesuai
rencana semula, 2. Volume penjualan naik 20% harga jual turun 20%, 3. Volume
penjualan turun 20% harga jual naik 20%. Penjualan disebar di Jakarta 60%,
Bandung 40%.Waktu Penjualan didistribusikan dalam Triwulan.Triwulan 1.20%,
Triwulan 2. 30%, Triwulan 3. 20% dan
triwulan 4. 30%. Diminta :
1.
Pilih Alternatif mana yang menguntungkan
!
2.
Dari hasil pilihan diatas susun anggaran Penjualan 2015 !
Kasus 2.
PT. Karya Mandiri merencanakan
penjualan untuk tahun 2015
dengan data sebagai berikut :
Rencana Penjualan tahun 2015 sebanyak 250.000 unit @ Rp
5.000,-. Biaya-biaya yang akan dikeluarkan meliputi biaya tetap sebesar Rp
200.000.000,-. Biaya variable Rp
400.000.000,-. Perusahaan dihadapkan pada tiga pilihan alternative : 1. Sesuai
rencana semula, 2. Volume penjualan naik 20% harga jual turun 20%, 3. Volume
penjualan turun 20% harga jual naik 20%. Penjualan disebar di Bekasi 50%,
Bandung 30% dan Bogor 20%.Waktu Penjualan didistribusikan dalam
Triwulan.Triwulan 1.40%, Triwulan 2. 30%,
Triwulan 3. 20% dan triwulan 4. 10%. Diminta :
1.
Pilih Alternatif mana yang
menguntungkan !
2.
Dari hasil pilihan diatas susun anggaran Penjualan 2015 !
bisa juga di download :
http://www.4shared.com/office/s8SXKjsfba/bab_3_anper.html
0 komentar:
Post a Comment