STUDI KELAYAKAN PRODUKSI
Maulana Ikhsanul Haq, SE.
FORECAST PERMINTAAN PRODUK
A.
Pengertian forecast permintaan
produk : adalah suatu proyeksi teknis mengenai permintaan produk dari langganan
potensial pada suatu pereiode tertentu diwaktu yang akan datang dengan berbagai
asumsi.
B.
Pendekatan operasi usaha
perusahaan.
- Pendekatan spekulatif
- Pendekatan Kalkulatif
C.
Teknik forecas permintaan produk
- Berdasarkan Kualitatif
- Berdasarkan Kuantitatif
Pendekatan
spekulatif adalah suatu pendekatan operasi usaha perusahaan dimana perusahaan
dalam menjalankan operasi usahanya tidak memperhitungkan resiko-resiko yang
akan diahadapi baik yang timbul dari faktor intern maupun faktor ekstern.
Pendekatan
Kalkulatif adalah suatu pendekatan operasi usaha perusahaan dimana perusahaan
dalam menjalankan operasi usahanya secara proaktif dengan melakukan
estimasi-estimasi terhadap resiko-resiko yang akan diahadapi baik yang timbul
dari faktor intern maupun faktor ekstern.
Berdasarkan kualitatif yaitu
suatu teknik forcas permintaan produk dengan menggunakan pendapat ; seperti
pendapat salesman, manajer penjualan, direktur pemasaran, para ahli dan
konsumen.
Berdasarkan
Kuantitatif yaitu suatu teknik forcas permintaan produk dengan menggunakan
metode matematik dan statistik seperti metode least square, metode moment dan
metode regresi.
Metode Least Square
Y = a + b
x
a = S Y
n
b = S XY
S X2
n = Jumlah
tahun dihitung dari data historis
x = Jumlah
tahun dihitung dari periode dasar
Metode Moment
Y = a + bx
Dimana :
I. S Y = n
. a +
b S
X
II.
S
XY = a . S X + b S X2
n
= Jumlah tahun dihitung dari data historis
x
= Jumlah tahun dihitung dari periode dasar
Metode Regresi
Y = a + b
x
Dimana :
b :
n . Sxy - Sx . Sy
n . Sx2 - (Sx)2
a :
SY
- bSx
n
n =
Jumlah tahun dihitung dari data historis
x =
Jumlah tahun dihitung dari periode dasar
Kasus :
PT. Muhammad Nur Fikri
merencanakan produksi dan penjualan untuk tahun 2012. Persediaan awal barang
jadi 12.000 unit, persediaan akhir barang jadi 20.000 unit, dengan data
historis penjualan sebagai berikut :
Tahun Penjualan
2006 260.000 unit
2007 280.000 unit
2008 300.000 unit
2009 280.000 unit
2010 320.000 unit
Diminta :
a.
Hitung forcas permintaan
produk dengan metode Least square,
metode moment, metode regresi.
b.
Gambarkan grafik !
c.
Tentukan Produksi Tahun 2012
PT. Rahmi Nur Amalia merencanakan
produksi dan penjualan untuk tahun 2012. Persediaan awal barang jadi 8.000
unit, persediaan akhir barang jadi 12.000 unit,
dengan data historis penjualan sebagai berikut :
Tahun Penjualan
2005 120.000 unit
2006 150.000 unit
2007 160.000 unit
2008 200.000 unit
2009 180.000 unit
2010 220.000 unit
Diminta :
a. Hitung forcas permintaan produk
tahun 2012 dengan metode Least square, metode moment, metode regresi.
b.
Gambarkan grafiknya !
c.
Tentukan Produksi tahun 2012
Bisa di download : http://www.4shared.com/office/rYG1oxYFce/BAB_IV_SKB.html
0 komentar:
Post a Comment