MIH

Translate

Tuesday 19 May 2015

BAB IV MATA KULIAH STUDI KELAYAKAN BISNIS



STUDI KELAYAKAN PRODUKSI
Maulana Ikhsanul Haq, SE.


FORECAST PERMINTAAN PRODUK



A.    Pengertian forecast permintaan produk : adalah suatu proyeksi teknis mengenai permintaan produk dari langganan potensial pada suatu pereiode tertentu diwaktu yang akan datang dengan berbagai asumsi.

B.     Pendekatan operasi usaha perusahaan.
  1. Pendekatan spekulatif
  2. Pendekatan Kalkulatif

C.     Teknik forecas permintaan produk
  1. Berdasarkan Kualitatif
  2. Berdasarkan Kuantitatif

Pendekatan spekulatif adalah suatu pendekatan operasi usaha perusahaan dimana perusahaan dalam menjalankan operasi usahanya tidak memperhitungkan resiko-resiko yang akan diahadapi baik yang timbul dari faktor intern maupun faktor ekstern.

Pendekatan Kalkulatif adalah suatu pendekatan operasi usaha perusahaan dimana perusahaan dalam menjalankan operasi usahanya secara proaktif dengan melakukan estimasi-estimasi terhadap resiko-resiko yang akan diahadapi baik yang timbul dari faktor intern maupun faktor ekstern.

Berdasarkan kualitatif yaitu suatu teknik forcas permintaan produk dengan menggunakan pendapat ; seperti pendapat salesman, manajer penjualan, direktur pemasaran, para ahli dan konsumen.
Berdasarkan Kuantitatif yaitu suatu teknik forcas permintaan produk dengan menggunakan metode matematik dan statistik seperti metode least square, metode moment dan metode regresi.

Metode Least Square

            Y         =          a          +          b x

            a          =          S Y     
                                      n


            b          =          S XY
                                    S X2  

            n          =          Jumlah tahun dihitung dari data historis

            x          =          Jumlah tahun dihitung dari periode dasar


Metode Moment

            Y         =          a          +          bx

Dimana            :
           
            I.   S Y               =       n . a     +   b S X
            II. S XY =       a . S X   +  b S X2                              
            n = Jumlah tahun dihitung dari data historis
            x = Jumlah tahun dihitung dari periode dasar


Metode Regresi
           
            Y         =          a          +          b x

Dimana :

            b          :   n . Sxy - Sx . Sy
                            n . Sx2  - (Sx)2         

            a          :   SY - bSx
                                 n

            n  =   Jumlah tahun dihitung dari data historis
            x  =   Jumlah tahun dihitung dari periode dasar



Kasus  :

PT. Muhammad Nur Fikri merencanakan produksi dan penjualan untuk tahun 2012. Persediaan awal barang jadi 12.000 unit, persediaan akhir barang jadi 20.000 unit, dengan data historis penjualan sebagai berikut :
Tahun              Penjualan
2006               260.000 unit
2007               280.000 unit
2008               300.000 unit
2009               280.000 unit
2010               320.000 unit
Diminta :
a.       Hitung forcas permintaan produk  dengan metode Least square, metode moment, metode regresi.
b.      Gambarkan grafik !
c.       Tentukan Produksi Tahun 2012


PT. Rahmi Nur Amalia merencanakan produksi dan penjualan untuk tahun 2012. Persediaan awal barang jadi 8.000 unit, persediaan akhir barang jadi 12.000 unit,  dengan data historis penjualan sebagai berikut :
Tahun              Penjualan
2005                120.000 unit
2006                150.000 unit
2007                160.000 unit
2008                200.000 unit
2009                180.000 unit
2010                220.000 unit
Diminta :

a.       Hitung forcas permintaan produk  tahun 2012 dengan metode Least square, metode moment, metode regresi.
b.      Gambarkan grafiknya !
c.       Tentukan Produksi tahun 2012


Bisa di download : http://www.4shared.com/office/rYG1oxYFce/BAB_IV_SKB.html

0 komentar:

Post a Comment

 
VARIASIBLOGGER