MIH

Translate

Tuesday 19 May 2015

BAB XI MATA KULIAH STUDI KELAYAKAN BISNIS



Studi Kelayakan Bisnis (SKB)
Maulana Ikhsanul Haq, SE.



ANALISIS BREAK – EVEN


1.            Pengertian Break Even

Break Even adalah Suatu keadaan dimana total revenue sama dengan total cost, atau dimana perusahaan di  dalam operasinya tidak memperoleh keuntungan dan tidak menderita kerugian. Hal ini bbiasterjadi bila perusahaan di dalam operasinya menggunakan biaya tetap, dan volume penjualan hanya cukup untuk menutup biaya tetap dann biaya varibel.

2.            Kegunaan Analisa Break Even
Analisa Break Even dapat membantu Pimpinan dalam mengambil keputusan antara lain :
1.      Jimlah minimal penjualan yang harus dipertahankan agar perusahaan tidak rugi.
2.      Jumlah penjualan yang harus dicapai untuk memperoleh keuntungan tertentu.
3.      Seberapa jauhkah berkurangnya penjualan agar perusahaan tidak rugi.
4.      Untuk  mengetahui bagaimana efek perubahan harga jual, biaya dan volume penjualan terhadap keuntungan yang akann diperoleh.

Analisa Break Even dapat dimanfaatkan perusahaan dalam tiga carayang berbeda :
1.      Dalam keputusam tentang produk baru, analisa break even dapat membantu menentukan berapa tingkat penjualannya, agar perusahaan memperoleh laba.
2.      Analisa Break Even dapat digunakan sebagai kerangka dasar penelitian pengaruh ekspansi tingakt operasional.
3.      Analisa Break Even dapat membantu analisis konsekuensi pergeseran variable cost menjadi fixed cost, karena dilakukannya otomatisasi mekanisme kerja dengan peralatan modern
3.            Pendekatan analisa Break Even
Dalam menentukan Break even Point (BEP), dimana suatu titik perusahaan tidak memperoleh laba dan menderita rugi, dapat digunakan pendekatan secar grafik (Graphical Approach) dan pendekatan matematis (Matematical Approach)
Untuk lebih jelasnya berikut ini diberikan contoh :
PT. Maulana Ikhsanul Haq diketahui budget operasional sebagai berikut :
Fixed Cost (Biaya Tetap) Rp 40.000.000,-        Variable Cost (VC) Rp 1.200,- perunit, Harga jual produk Rp 2.000,-    kapasitas produksi 140.000 unit.
1.      Grafical Approach

Revenue Cost
(Rp 000.000)


 
280                                                                                       Total Revenue      


 
200                                                                                                         Total Cost

160                                                            Profit           

120                           BE
100
  80

 40                                                                                                                FC            

   0
                    20         40    50   60           80        100      120                  140                 
                                       Unit Produksi dan dijual (000 unit)

           
2.      Mathematical Approach

Fixed Cost                              Fixed Costs
BE    =                                                                                          =    xxx unit
     Contribution Margin         Price – Variable Cost/unit


Fixed Cost                              Fixed Costs
BE    =                                                                                          =    Rp xxx
     Contribution Margin                                 VC
                                                      1 -                             
                                                                      Sales


                   Fixed Costs   + Profit/Profit margin
Sales (BE + Profit)   =                                                                  =    Rp xxx
                                                            VC
                                              1 -                                      
                                                          Sales

Margin Of Safety (MOS)
MOS adalah :  merupakan angka yang direncanakan atau dibudgetkan (budget sales) dengan penjualan pada break even. Dengan demikian maka margin of safety (mos) merupakan batas aman perusahaan tidak menderita kerugian, jika penjualan produk dibawah mos, maka perusahaan akan menderita kerugiaan.
Rumus MOS :

Penjualan (budget) – Penjualan pada BEP
                                                                    X  100%
                   Penjualan (budget)








Berdasarkan soal diatas, maka Break Even Point dapat ditentukan sebagai berikut :

Rp 40.000.000,-         
BE    =                                             =    50.000 unit
      Rp 2.000 – Rp 1.200


Rp 40.000.000,-
BE    =                                            =    Rp 100.000.000
                 Rp 1.200
        1 -                                        
                 Rp 2.000



Jika perusahaan menginginkan profit 15%  sales, berapakah sales yang harus  dicapai ?

Rp 40.000.000 +  0,15 S
Sales =                                                               
                 Rp 1.200
        1 -                                        
                 Rp 2.000


Rp 40.000.000 +  0,15 S
Sales =                                                               
                  1 -  0,6                                   
                

Rp 40.000.000 +  0,15 S
Sales =                                                               
                       0,4                                    
               
 0,4 Sale                        =     Rp 40.000.000 +  0,15 S
                                                              
   0,4 – 0,15 Sales           =     Rp 40.000.000
                                       
           0,25 Sales                     =     Rp 40.000.000
                                                           
                                                        Rp 40.000.000,-
Sales                             =   
                                     0,25

Sales                             =     Rp 160.000.000,-


4.            Kasus 1
PT.  Muhammad Nur Fikri diketahui data operasinya sbb :
Kapasitas Produksi 10.000 unit, Fixed Cost (FC) Rp 300.000,- Variabel Cost (VC) Rp 40,- / unit. Harga Jual/unit Rp 100,-
Diminta :
1.      Hitung Break Even Point (BEP) dalam rupiah dan unit  !
2.      Berapa penjualan dalam Rupiah dan unit, jika laba ditetapkan 30% dari penjualan !
3.      Jika harga jual naik menjadi Rp 140,- berapa penjualan dalam rupiah dan unit ?
4.      Jika harga jual turun menjadi Rp 80,- berapa penjualan dalam rupiah dan unit ?
5.      Jika penjualan hanya mampu menjual barangnya sebesar BEP berapa Margin Of Safety (MOS)-nya ?
6.      Gambarkan  grafiknya ?

Kasus 2
PT.  Rahmi Nur Amalia diketahui data operasinya sbb :
Kapasitas Produksi 250.000 unit, Fixed Cost (FC) Rp 900.000.000,- Variabel Cost (VC) Rp 12.500,- / unit. Harga Jual/unit Rp 20.000,-
Diminta :
1.         Hitung Break Even Point (BEP) dalam rupiah dan unit  !
2.         Berapa penjualan dalam Rupiah dan unit, jika laba ditetapkan 30% dari penjualan !
3.         Jika harga jual naik menjadi Rp 22.500,- berapa penjualan dalam rupiah dan unit ?
4.         Jika harga jual turun menjadi Rp 10.000,- berapa penjualan dalam rupiah dan unit ?
5.         Jika penjualan hanya mampu menjual barangnya sebesar BEP berapa Margin Of Safety (MOS)-nya ?
6.         Gambarkan  grafiknya ?


5.            Sales Mix terhadap BEP
Keterangan                Produk A                               Produk B                   Total
                        Unit                 Jumlah                Unit              Jumlah
Sales                20.000             Rp 200.000,-      8.000            Rp 200.000     Rp 400.000
VC                                          Rp 120.000,-                           Rp   80.000     Rp 200.000
FC                                           Rp   40.000,-                           Rp   80.000     Rp  120.000
Total Cost                               Rp 160.000,-                           Rp 160.000     Rp  320.000
Profit                                       Rp  40.000,-                            Rp   40.000     Rp    80.000


Hitgung BEP dan mana yang lebih menguntungkan Produk A / Produk B dinaikkan 50% dimana salah satunya tetap ?

Keterangan                Produk A                               Produk B                   Total
                        Unit                 Jumlah                Unit              Jumlah
Sales                50.000             Rp 300.000,-      20.000          Rp 300.000     Rp 600.000
VC                                          Rp 150.000,-                           Rp   90.000     Rp 240.000
FC                                           Rp   40.000,-                           Rp   60.000     Rp  100.000
Total Cost                               Rp 190.000,-                           Rp 150.000     Rp  340.000
Profit                                       Rp 110.000,-                           Rp 150.000     Rp  260.000


Hitgung BEP dan mana yang lebih menguntungkan Produk A / Produk B dinaikan 30% dimana salah satunya tetap ?



Bisa Di Download : http://www.4shared.com/office/PSenlmiVba/BAB_XI_SKB.html

0 komentar:

Post a Comment

 
VARIASIBLOGGER